Jumat, 02 Oktober 2020

Tips Memperbaiki Parenting Styles Menjadi Lebih Baik

Tidak ada anak yang mempunyai karakter sama persis, meski kembar identik. Oleh karena itu, meski ilmu parenting sudah banyak dan jenis-jenis parenting styles sudah dipahami, anak masih dapat berkembang tidak sesuai harapan.

Ada beberapa penyebab anak tidak sesuai dengan harapan. Anak terdiri dari beberapa saudara sehingga terkadang orang tua memperlakukannya secara sama. Padahal mereka pribadi yang berbeda. 

Ada pula orang tua yang menerapkan gaya pengasuhan yang sudah otoritatif atau demokratis tetapi visi dan misi tidak sampai ke anak. Cita-cita anak berbeda dengan orang tua, misalnya.

Bagaimana jika hal itu sudah terlanjur terjadi? Di bawah ini ada beberapa tips untuk memperbaikinya!

1. Kenalkan Anak dengan Harapan Orang Tua

Anak perlu dikenalkan akan harapan Anda. Sejak kecil, Anda dapat mengajaknya berdoa bersama untuk mencapai cita-cita dan harapan. Misalnya, semoga Ananda menjadi anak shaleh atau shalehah, tercapai cita-citanya menjadi dokter, dan sebagainya.

Namun harus tetap diingat bahwa harapan dan keinginan orang tua, khususnya mengenai cita-cita hendaknya tidak dipaksakan. Sesuaikan hal tersebut dengan kemampuan dan minatnya.

2. Memaafkan Masa Lalu

Tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa pengasuhan terpengaruh oleh gaya orang tua Anda. Mungkin Anda beranggapan bahwa cara tersebut membuat keberhasilan. Padahal zaman sudah berbeda.

Sebaliknya ada pula yang sangat trauma dengan masa lalu tetapi justru secara tidak sadar menerapkan pada anak.

Untuk masalah ini, maafkanlah masa lalu! Tidak ada yang salah dengan orang tua Anda. Hanya saja, kini zamannya berbeda.

Sulit melarang anak 10 tahun untuk bermain gadget misalnya. Untuk beberapa keperluan, gadget ini sangat diperlukan. 

Anda mungkin dapat berkembang tanpa gadget masa lalu tetapi tentu saja berbeda dengan kondisi zaman digital.

3. Menyepakati Bersama Beberapa Aturan Baru

Setelah dua poin sebelumnya disadari, sebaiknya Anda dapat menyepakati beberapa aturan baru yang berkaitan dengan hal yang akan diperbaiki. Misalnya, aturan menggunakan gadget, sanksi ketika melanggar aturan, dan lain-lain.

Jangan lupa, semua aturan tidak hanya berlaku pada anak tetapi juga orang tua.

Itulah beberapa tips memperbaiki parenting styles agar menjadi lebih baik! Tentu saja selain hal di atas anak perlu dijaga tumbuh kembangnya dengan memperhatikan hal lain, seperti memberinya Susu Dancow. Susu pertumbuhan yang pas dan cocok disesuaikan dengan usia anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar