Kamis, 14 September 2023

Buah-Buahan yang Cocok Dijadikan Makanan Penambah Darah



Pada masa kehamilan, makanan penambah darah sangat wajib dikonsumsi oleh para ibu agar bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, salah satunya yaitu anemia.


Anemia sendiri merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah sehat untuk mengantarkan oksigen ke berbagai organ tubuh. Salah satu penyebab anemia yaitu kekurangan zat besi dan asam folat. 


Untuk menambah darah dan menghindarkan anemia, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah-buahan yang tinggi vitamin C yang juga dapat membantu mengatur asupan zat besi.


Beberapa jenis buah penambah darah yang baik bagi para ibu hamil diantaranya yaitu:


  1. Pisang

Buah pisang mengandung zat besi yang baik untuk tubuh. Selain itu, pisang juga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah. 


Tak hanya itu, asam folat yang baik merupakan vitamin B komplek pada pisang juga sangat dibutuhkan untuk membuat sel darah merah.


  1. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung zat besi atau antioksidan yang baik untuk tubuh. Vitamin C sendiri berperan sebagai pembantu penyerapan zat besi dan menyebarkannya ke seluruh tubuh.


  1. Apel

Jenis buah-buahan yang bisa menjadi makanan penambah darah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil selanjutnya adalah apel. Buah ini merupakan salah satu sumber zat besi mengandung berbagai komponen ramah kesehatan yang diperlukan untuk merangsang jumlah hemoglobin.


Ketika mengkonsumsi buah ini, sebaiknya jangan dikupas, ya! Makanlah apel beserta kulitnya.


  1. Kurma

Dikutip dari berbagai dari berbagai sumber, kurma dapat memberikan energi ekstra pada tubuh dan mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan. 


Antioksidan sendiri mampu melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas. Pasalnya, kurma mengandung zat besi yang dapat meningkatkan kadar haemoglobin di dalam darah sehingga bisa mengatasi anemia dan menambah jumlah darah merah pada tubuh.


Itulah dia beberapa jenis buah-buahan yang cocok dan aman dijadikan sebagai makanan penambah darah bagi para ibu hamil. Jangan lupa, ketika hari kelahiran sang buah hati semakin dekat, pastikan siapkan juga MAKUKU SAP Diapers Comfort Fit, yang merupakan popok terbaik yang diformulasi khusus bagi bayi yang baru lahir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar