Jumat, 28 Juli 2023

Mengetahui Penyebab Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi



Salah satu permasalahan kesehatan yang sering menyerang bayi adalah ruam popok. Dengan demikian penting untuk Anda, selaku orang tuanya mengetahui cara mengatasi ruam popok pada bayi ini sedini mungkin. 

Beberapa indikasi bayi terkena permasalahan ruam popok ini ditandai dengan sering rewelnya si kecil, serta tanda-tanda fisik pada kulitnya yang nampak merah, kering, bersisik dan juga pecah-pecah. 

Apa yang Menjadi Penyebab Terjadinya Ruam Popok Pada Bayi?

Bayi yang terkena permasalahan ruam popok ini, biasanya diakibatkan oleh berbagai faktor sebagai berikut:

  1. Akibat infeksi yang dihasilkan dari paparan kotoran dan juga urine yang terlalu lama menempel pada popok bayi. 

  2. Adanya gesekan antara popok yang lembab dengan kulit bayi yang masih sensitif, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada pelindung kulit si kecil. 

  3. Penggunaan produk popok yang tidak cocok dengan kulit si kecil, yang didalamnya terdapat suatu zat yang dapat memicu reaksi alergi serta ruam. 

Bagaimana Cara Menangani Ruam Popok Pada Bayi?

Jika bayi Anda sudah terkena ruam popok, maka berikut cara mengatasi ruam popok pada bayi yang bisa dilakukan dengan mudah. 

  • Lakukan penggantian popok bayi sesering mungkin, apalagi ketika si kecil sudah buang air kecil ataupun besar. 

  • Bersihkan kulit bayi pada area penggunaan popok, dengan menggunakan air hangat dan juga sabun khusus bayi. Keringkan dengan menggunakan kain yang teksturnya lembut. 

  • Sebisa mungkin hindari menggunakan bedak bayi untuk meredakan ruam pada kulit bayi. Lebih baik oleskan salep ataupun krim anti-ruam yang mengandung petroleum jelly atau zinc oxide. 

  • Biarkan sejenak untuk memberi rehat pada kulit si bayi, dengan tidak menggunakan popok terlebih dahulu dalam beberapa waktu. 

  • Hindari menggunakan pakaian serta popok yang ukurannya ketat. 

  • Pilih produk popok yang terbuat dari bahan yang terbaik seperti dari MAKUKU, yang memiliki kemampuan daya serap cairan yang lebih tinggi. 

Sekian ulasan mengenai cara mengatasi ruam popok pada bayi ini, dan berbagai aspek penting lainnya mengenai permasalahan ruam ini.

 Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar