Sabtu, 29 Juli 2023

5 Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi yang Baik dan Benar



Ruam popok adalah jenis ruam kulit yang umum terjadi pada area kulit yang tertutup oleh popok bayi. Kalau mau tidak berkepanjangan, tentunya selaku orang tua kita harus mengetahui tentang cara mengatasi ruam popok pada bayi yang tepat. 

Biasanya, ruam popok ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti diantaranya akibat kelembaban, gesekan, infeksi jamur dan juga iritasi pada kulit. Untuk cara mengatasi ruam popok yang tepatnya, bisa Anda simak ulasannya di bawah ini..   

5 Cara Menangani Ruam Popok Pada Bayi

Setidaknya ada 5 cara mengatasi ruam popok pada bayi yang tepat, dan bisa Anda lakukan sekarang juga. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut: 

  1. Membersihkan Kulit Bayi dengan Air Hangat

Pastikan Anda selalu membersihkan kulit bayi dengan menggunakan air hangat, terlebih saat bayi sudah buang air kecil ataupun buang air besar. 

Sebisa mungkin hindari melakukan pembersihan dengan tissue basah, karena mengandung bahan yang bisa memicu reaksi alergi pada bayi Anda. 

  1. Biarkan Kulit Bayi Bernafas dalam Berapa Waktu

Sehabis dibersihkan, biarkan sejenak kulit bayinya bernafas sejenak dalam beberapa waktu. Udara yang masuk kedalam ruangan tentunya, akan mengurangi kelembaban yang terjadi pada kulit si bayi. 

  1. Berikan Krim Khusus Bayi

Untuk mengatasi ruam popok pada bayi, bisa Anda coba oleskan krim yang mengandung petrolatum ataupun zinc oxide didalamnya. Krim ini biasanya dijual bebas di apotik terdekat.  

  1. Pemilihan Popok Terbaik

Bayi akan mudah terkena ruam bila salah menggunakan produk popok yang tepat untuk jenis kulitnya. Untuk itu Anda bisa memilih produk popok terbaik dari MAKUKU, yang terbuat dari bahan yang aman untuk semua kondisi kulit bayi, dan juga memiliki daya serap cairan yang sangat baik. 

  1. Berkonsultasi dengan Dokter 

Jika dirasa ruam popok pada bayi tidak kunjung membaik, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak terdekat. Setidaknya, dokter akan memberikan saran dan memberikan resep obat atau krim yang lebih manjur. 

Seperti itulah kiranya 5 cara mengatasi ruam popok pada bayi yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Jaga kesehatan kulitnya agar senyumnya bisa terus menghiasi rumah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar