Rabu, 26 Februari 2020

Yuk, Stimulasi Perkembangan Bayi dengan Berguling

perkembangan bayi
Saat si kecil mampu mengangkat kepala maka tahapan yang akan dipelajari oleh bayi adalah berguling. Artinya bayi bisa bergerak dari posisi terlentang menjadi tengkurap dan sebaliknya. Perlu bunda ketahui jika berguling adalah salah satu tahap yang memang dilakukan oleh bayi untuk bergerak ke manapun yang dia inginkan. Bayi akan semakin bersemangat saat berguling untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Usia 6 hingga 7 bulan biasanya bayi mampu berguling dikarenakan leher serta otot lengan nya sudah cukup kuat. Ada juga bayi yang mampu berguling disaat usia 3 bulan namun ada juga yang melakukannya setelah lebih dari 7 bulan. Untuk itu bunda tidak perlu khawatir namun tetap berpatokan di tahap perkembangan bayi seperti ini.
perkembangan bayi
Bayi yang berusia tiga hingga empat bulan saat anda meletakkan bayi pada posisi tengkurap maka bisa saja ia mengangkat kepala dan melakukan gerakan guling. Tentu gerakan ini membantu untuk memperkuat otot yang yang gunakan saat berguling. Meskipun pada awalnya ia tidak terlalu suka namun jika bunda bisa melakukan stimulasi maka perlahan namun pasti bayi akan bisa melakukan gerakan berguling.

Untuk bayi yang berusia 5 hingga 7 bulan maka gerakan berguling semakin optimal. Dikarenakan di usia ini bayi mampu mengangkat kepala serta mendorong lengan dan punggungnya yang pada akhirnya akan mengangkat dadanya ke arah tanah. Bahkan di usia seperti ini juga bayi sudah mampu berguling ke dua arah.

Anda bisa menstimulasinya dengan menggunakan mainan kearah dimana bayi biasa berguling. Jika ia mampu berguling untuk mendapatkan mainannya maka bunda bisa memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan atau tersenyum. Hal ini cukup penting guna memberikan ketenangan karena keterampilan untuk memutar tubuh ini bisa menjadi satu hal yang cukup menggelisahkan bayi. 

Perlu bunda ketahui bahwa setiap perkembangan bayi mengalami perbedaan. Artinya jika bunda ingin melatih nya untuk berguling maka pastikan anda memahami kapan waktu yang tepat merangsang bayi untuk  berguling. Bagaimana tidak sulit bukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar