Jumat, 18 Oktober 2019

Penyebab Masalah Haid Tidak Teratur

haid tidak teratur
Haid Tidak Teratur sering kali membuat wanita menjadi panik, namun ketidakteraturan haid seorang wanita ini ternyata memiliki penyebab. Mungkin saja Anda para kaum wanita sangat sering haid yang tidak teratur ini, berikut beberapa penyebab yang sering terjadi pada seorang wanita jika mengalami haid tidak teratur.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Stres

Jika Seorang wanita dilanda stress tentunya ini menjadikan hormone kortisol yang ada di dalam tubuh menjadi meningkat. Sehingga ini bisa membuat produksi hormone reproduksi menjadi terpengaruh. Sehingga menyebabkan proses dalam pelepasan sel telur (ovulasi) menjadi tidak normal yang kemudian berujung pada terganggunya siklus menstruasi wanita.
haid tidak teratur
Pengaruh dari Penggunaan alat kontrasepsi

Tahukah kamu jika alat kontrasepsi seperti halnya berbentuk pil minum ataupun KB spiral (IUD), memiliki resiko bisa menyebabkan haid tidak teratur. Sebelum Anda memutuskan menggunakan suatu jenis kontrasepsi, Maka sebaiknya Anda mungkin sudah mencari tahu terlebih dahulu mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan alat kontrasepsi tersebut.

Dalam hal ini salah satu efek sampingnya yaitu dapat menjadikan siklus menstruasi menjadi kacau. Hal ini dikarenakan alat kontrasespsi yang mengganggu kestabilan hormone reproduksi yang terdapat pada tubuh. Maka dari itu dalam hal ini sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter jika merasa terganggu dengan kondisi tersebut.

Dari Perubahan berat badan drastic

Adanya perubahan berat badan yang ekstrim juga bisa berpengaruh, bisa jadi berkurang atau bisa juga bertambah banyak sehingga mengganggu kinerja hormone reproduksi yang terdapat di dalam tubuh. Contohnya saja yaitu penurunan berat badan yang drastis bisa menyulitkan tubuh untuk melakukan reproduksi cukup hormon estrogen yang sangat berguna dalam proses ovulasi.

Sementara itu untuk penambahan berat badan yang menjadikan kadar estrogen meningkat sehingga membuat pengaruh pada siklus menstruasi Anda. Jika Anda lihat beberapa penyebab diatas tentunya bisa menjadi acuan kalau sewaktu haid Anda tidak lancar maka bisa mengatasinya dengan cara Anda sendiri terhadap beberapa hal diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar